Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Balai Penjaminan Mutu Pendidikan

Provinsi Sulawesi Tengah

MERDEKA

BELAJAR

Semarak Kampanye Sekolah Sehat Kemendikbudristek

Palu, 02 September 2023

Dalam rangka menyukseskan program Kampanye Sekolah Sehat di Tahun 2023, Direktorat Sekolah Dasar, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah menyelenggarakan Semarak Kampanye Sekolah Sehat dalam Rangka Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) tahun 2023 dengan tema “Wujudkan Generasi Sehat untuk Indonesia Hebat”. Kegiatan ini dimaksudkan untuk menyemarakkan penerapan Kampanye Sekolah Sehat di satuan pendidikan untuk mewujudkan anak Indonesia yang sehat, cerdas, dan berkarakter.

Kegiatan Semarak Kampanye Sekolah Sehat (KSS) dilaksanakan tanggal 30 sampai dengan 31 Agustus 2023 di SD Negeri 1 Binangga Kabupaten Sigi dengan tujuan untuk meningkatkan capaian cakupan imunisasi anak usia sekolah pada pelaksanaan BIAS, meningkatkan pembiasaan aktivitas fisik, memberikan edukasi pada orang tua dan guru tentang Kampanye Sekolah Sehat di lingkungan keluarga dan sekolah, serta mendorong keterlibatan mitra, dan stakeholder lainnya dalam mendukung Kampanye Sekolah Sehat.

Semarak Kampanye Sekolah Sehat diisi dengan berbagai kegiatan yang dimulai dari senam pagi bersama, berbagai permainan tradisional diantaranya Lomba Egrang bambu dan Egrang batok yang dimainkan siswa, Engklek atau Gacok (di Palu disebut Kadende), Gobag Sodor (di Palu disebut Hadang), lomba bawa kalereng disendok menggunakan mulut, dan berbagai macam permainan lainnya. Kegiatan selanjutnya pemberian imunisasi, gelar wicara, dan stan/pameran. Pembukaan dan pengarahan dilakukan oleh Bupati Sigi Irwan Lapata. Kegiatan ini juga menampilkan senam gerak lagu sekolah sehat yang diikuti oleh siswa siswi SD bersama Direktur SD, Direktur Imunisasi Kemenkes, Kadis Pendidikan Prov. Sulteng, Kadis Pendidikan Kab. Sigi, Kepala BPMP dan BGP Prov. Sulteng, dan beberapa tamu undangan lainnya.

Senam Pagi

Engklek/Gacok (di Palu disebut Kadende)

Egrang Bambu

Egrang Batok

Gobag Sodor (di Palu disebut Hadang)

Senam Gerak Lagu Sekolah Sehat

Gerakan Sekolah Sehat (GSS) yang berfokus pada 3 S (sehat gizi, sehat fisik, dan sehat imunisasi) ditampilkan pada kegiatan Semarak KSS ini. 1) Sehat Gizi:  beberapa menu makanan bergizi dan KIE sehat bergizi diperlihatkan di stan/pameran; 2) Sehat Fisik: Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional (PROT) seperti: gasi/gasing, tilako/egrang bambu, engklek, dan balap kelereng estafet  juga ditampilkan pada kegiatan semarak ini; dan 3) Sehat Imunisasi: sebanyak 145 siswa siswi SD mendapat pemberian imunisasi rubella untuk anak kelas 1 dan imunisasi HPV dosis 1 untuk perempuan anak kelas 5.

// Marnih Malkab

Kontak Kami

Jl.Dr.Sutomo No.4 Palu Timur
Telephone (0451) 422792
Pos-el : set.lpmpsulteng@kemdikbud.go.id

Seberapa bermanfaatkah berita ini?

Berikan jumlah bintangmu untuk menilai Postingan ini!

Nilai rata-rata 0 / 5. Jumlah Voting 0

Belum ada penilaian!

Open chat
Hallo, #sebutkan identitas anda# apa yang dapat kami bantu?