LATAR BELAKANG

Kabupaten Donggala adalah sebuah kabupaten di provinsi Sulawesi Tengah, Indonesia. Donggala adalah kabupaten terluas ke-7, terpadat ke-4, dan memiliki populasi terbanyak ke-4 di Sulawesi Tengah. Beribukota di Kecamatan Banawa, kabupaten dengan luas wilayah 5.275.689 KM2

Beberapa potensi wisata sudah banyak dikelola dan menghasilkan pendapatan bagi masyarakat dan daerah sekitar. Namun apakah sudah bermanfaat maksimal? Pada era saat ini, merupakan suatu kewajiban untuk mengoptimalkan industri pariwisata dengan memanfaatkan teknologi. Apalagi ketika berbicara tentang smart tourism. Kata teknologi seakan menjadi hal yang selalu bersinggungan dengan konsep itu.

Besarnya pengguna gadget dan internet bisa dijadikan pintu masuk pemerintah daerah untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dan peningkatan ekonomi daerah. Pada bidang pariwisata, selain fokus dalam perbaikan infrastruktur, peluang kemajuan teknologi dijadikan ujung tombak untuk mendongkrak nilai pariwisata daerah.

Hadirnya teknologi dalam industri pariwisata telah menciptakan lingkungan baru dalam dunia pariwisata. Istilah populer yang merujuk pada kondisi tersebut adalah “Smart Tourism”. Smart Tourism merupakan salah satu pilar dari Smart City. Serta menjadi salah satu unsur penting dari Smart Economy. Smart Tourism didefinisikan sebagai platform pariwisata ICT terintegrasi. Platform tersebut mengintegrasikan peran teknologi informasi dalam memberikan informasi dan layanan yang efisien untuk wisatawan.

Open chat
Hallo, #sebutkan identitas anda# apa yang dapat kami bantu?