Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Balai Penjaminan Mutu Pendidikan

Provinsi Sulawesi Tengah

MERDEKA

BELAJAR

Search

Palu, 5 Maret 2024

Rakor Terpadu Kebijakan Merdeka Belajar BPMP Provinsi Sulawesi Tengah Bersama Pemerintah Daerah

Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Sulawesi Tengah bersama UPT Kemendikbudristek, Balai Guru Penggerak (BGP) Provinsi Sulawesi Tengah menyelenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) Terpadu kebijakan Merdeka Belajar bersama Pemerintah Daerah. Kegiatan ini bertujuan menyinergikan strategi pemenuhan target dan program penjaminan mutu pendidikan antara UPT Kemendikbudristek yaitu BPMP Provinsi Sulawesi Tengah dan BGP Provinsi Sulawesi Tengah dengan Dinas Pendidikan serta stakeholder terkait tahun 2024.

Rapat koordinasi ini melibatkan Pemerintah Daerah baik kabupaten/Kota serta Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah. Kegiatan ini juga melibatkan sejumlah pihak yang memiliki peran dan tanggung jawab terhadap Pendidikan, antara lain Dinas Pendidikan Kabupaten, pejabat struktural dan fungsional, serta Koordinator Pengawas Daerah/Ketua KKPS SD/SMP, Ketua KKKS SD/SMP, DPRD Kabupaten/Kota dan Provinsi yang membidangi pendidikan, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Kepala Badan Kepegawaian Daerah, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Dinas Kesehatan, Bunda PAUD Daerah, PGRI Kabupaten/Kota dan Provinsi, IGI Kabupaten/Kota dan Provinsi, serta perwakilan Google Indonesia.

Kegiatan ini dibagi menjadi beberapa region sesuai dengan wilayahnya. Rakor Terpadu pertama dilaksanakan secara bersamaan di Kabupaten Morowali dan Kabupaten Tolitoli dengan melibatkan Pemerintah Daerah di Kabupaten Morowali dan Morowali Utara serta pemerintah Kabupaten Tolitoli. Kegiatan ini dilangsungkan di dua tempat yang berbeda, untuk region Morowali dan Morowali Utara dilaksanakan di Hotel Metro Morowali dan Kabupaten Tolitoli dilaksanakan di Hotel Mitra Utama Tolitoli pada tanggal 21 hingga 23 Februari 2024.

Rakor terpadu yang berlangsung di Kabupaten Morowali dibuka oleh Drs. Ihwan Bahmid, MM mewakili bupati dan selaku staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Kabupaten Morowali. Dalam sambutannya menyampaikan permohonan maaf karena pejabat bupati Morowali masih diluar daerah dalam rangkaian kegiatan pemerintahan salah satunya penandatanganan MoU dengan BPSDM pusat dalam rangka pelaksanaan dan peningkatan kerjasama dibidang vokasi D1 dan D3, terkait upaya tugas pemerintah daerah dalam meningkatkan potensi SDM daerah dalam menjawab tantangan yang semakin berat dan harus dijawab dengan cepat oleh pemerintah daerah dan stake holder terkait  sehingga rapat koordinasi merupakan hal yang positif untuk kerjasama dan melakukan inovasi-inovasi untuk menjawab hal tersebut.

“Morowali dan Morowali Utara dengan perkembangan kegiatan industri dan pertambangan menuntut kesiapan kita untuk meningkatkan sumberdaya sehingga bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri jangan sampai hanya menjadi penonoton. Ini menjadi bahan dalam rakor  dan masukan serta pertimbangan yang disampaikan pada pihak yang lebih kompeten untuk mewujudkan hal tersebut sehingga bisa mewujudkan suatu sistem pendidikan yang tepat dan memberikan potensi yang dimiliki dengan output yang bisa menjawab tantangan di masa depan.” Pungkasnya saat menutup kata sambutan.

Untuk kabupaten Tolitoli kegiatan rakor terpadu dibuka oleh Bupati Kabupaten Tolitoli yang diwakili oleh  Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Toli-toli, Usman, S.E., M.M., M.H. Dalam sambutannya ia menyampaikan Terima Kasih yang sebesar-besarnya kepada UPT Kemendikbudristek yaitu BPMP Provinsi Sulteng dan juga Balai Guru Penggerak Sulteng dalam keterlibatannya mengawal, mengevaluasi serta melakukan refleksi program pemerintah daerah sehingga kabupaten Tolitoli menunjukkan progres dan kemajuan yang cukup signifikan diantara 13 Kabupaten/Kota di Provinsi Sulteng. “Tolitoli tidak akan mencapai progres yang positif tanpa ada peran aktif dari BPMP dan BGP. Ini merupakan kerjasama yang baik, dan saya berharap ini akan terus terjalin dalam melaksanakan program kerja daerah di tahun 2024 ini. Semoga dengan dilaksanakannya kegiatan ini dapat memperkuat komitmen kita dalam pemerataan akses dan peningkatan kualitas mutu pendidikan di kabupaten Tolitoli,” katanya

Kepala BPMP Provinsi Sulteng, Sinar Alam, S.Pd., M.Pd menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada seluruh Kabupaten/Kota di Sulawesi Tengah yang menyambut baik kegiatan Rakor Terpadu yang diinisiasi oleh BPMP Provinsi Sulteng untuk menyinkronkan program kegiatan di daerah dengan program prioritas Kemendikbudristek terkait dengan Kebijakan Merdeka Belajar yang saat ini telah memasuki episode ke 26. Kegiatan Rakor ini sekaligus memberikan apresiasi kepada seluruh pemerintah daerah di Sulawesi Tengah, dalam hal ini Dinas Pendidikan dalam upaya peningkatan mutu pendidikan daerah dalam mewujudkan pendidikan yang lebih baik. “Tahun ini kami UPT Kemendikbudristek berupaya untuk melakukan sinkronisasi menyelaraskan program yang ada di UPT bersama dengan program di daerah dalam penjaminan mutu terkait dengan program prioritas Kebijakan Merdeka Belajar. Dengan ini kami berharap terjalinnya sinkronisasi antara UPT dan Pemerintah Daerah dalam mewujudkan pendidikan yang lebih baik,” ujarnya dalam menyampaikan sambutan pada Rakor Terpadu UPT dan Pemerintah Daerah yang dilaksanakan di Kabupaten Tolitoli 

Rakor juga dilaksanakan di Kabupaten Buol yang melibatkan Pemerintah Daerah Kabupaten Buol berlangsung di Hotel Surya Wisata Buol pada tanggal 24 hingga 26 Februari 2024. Kemudian ada juga rakor yang dilaksanakan di wilayah Poso dan Parigi Moutong. Tempat pelaksanaannya adalah Hotel Ancyra Poso dan berlangsung pada tanggal 26 hingga 28 Februari 2024 bersamaan dengan Rakor Terpadu di Hotel Santika Luwuk yang melibatkan Pemerintah Daerah Kabupaten Tojo, Banggai, Banggai Laut dan Banggai Kepulauan dan sebagai penutup rangkaian kegiatan rakor ini, wilayah Provinsi Sulawesi Tengah yang melibatkan Pemerintahan Provinsi Sulawesi Tengah beserta Kota Palu serta kabupaten Sigi dan Donggala menjadi akhir kegiatan rakor terpadu UPT Kemendikbudristek dan Pemerintah Daerah yang dilaksanakan di Best Western Hotel Palu, tanggal 1 hingga 3 Maret 2024.

Agenda utama dalam kegiatan ini antara lain membahas kebijakan pendidikan daerah serta kebijakan Merdeka Belajar. Selain itu juga ada tujuan untuk mensosialisasikan profil dan tugas BPMP serta BGP Provinsi Sulawesi Tengah sebagai Unit Pelaksana Teknis Kemendikbudristek serta meningkatkan sinergi program antara UPT tersebut dengan Pemerintah Daerah terkait peningkatan mutu pendidikan di daerah. Pada kesempatan tersebut BPMP Provinsi Sulawesi Tengah juga memberikan penghargaan kepada beberapa pemerintahan daerah terkait pencapaian daerah dalam melaksanakan kebijakan Merdeka Belajar berupa piagam Kebijakan Merdeka Belajar Award atau KMB Award.  //(TIM)

Seberapa bermanfaatkah berita ini?

Berikan jumlah bintangmu untuk menilai Postingan ini!

Nilai rata-rata 5 / 5. Jumlah Voting 3

Belum ada penilaian!

Open chat
Hallo, #sebutkan identitas anda# apa yang dapat kami bantu?