Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Balai Penjaminan Mutu Pendidikan

Provinsi Sulawesi Tengah

MERDEKA

BELAJAR

Penguatan Literasi Numerasi Sekolah Penggerak

Palu, 25 Juli 2023

BPMP Provinsi Sulawesi Tengah telah melaksanakan kegiatan Penguatan Literasi dan Numerasi, dengan sasaran pelaksana Sekolah Penggerak jenjang SD, SMP, SMA, dan SLB. Kegiatan ditutup secara resmi oleh kepala BPMP Provinsi Sulawesi Tengah Sinar Alam, S.Pd., M.Pd.

Kegiatan Penguatan Literasi dan Numerasi bagi Sekolah Penggerak yang diikuti 243 peserta di BPMP Provinsi Sulawesi Tengah, dilaksanakan dalam tiga angkatan. Angkatan 1 tanggal 7 s.d. 9 Juli 2023, Angkatan 2 tanggal 13 s.d. 15 Juli 2023, dan Angkatan 3 tanggal 20 s.d. 22 Juli 2023.

Kegiatan ini bertujuan agar peserta: 1) Mengetahui Program Peningkatan Mutu Terkait Kemampuan Literasi, Numerasi, dan Penguatan Karakter Dinas Pendidikan Provinsi Sulteng; 2) Mengetahui Kebijakan Pendidikan untuk Menguatkan Literasi dan Numerasi; 3)              Menganalisis Profil Rapor Pendidikan Sekolah Penggerak; 4) Menyusun Strategi Penguatan Literasi dan Numerasi; 5) Menyusun Strategi Pembelajaran dan Penilaian Berbasis Literasi dan Numerasi; dan 6) Menyusun Praktik Pembelajaran dan Penilaian Berbasis Literasi dan Numerasi.

Susila Kamti, S. Pd., Kapokja Kelembagaan dan Kurikulum Bidang Pembinaan SMA Dinas Pendidikan  Provinsi Sulawesi Tengah membuka kegiatan ini secara resmi pada tanggal 7 Juli 2023.  Susi mengatakan bahwa “peserta pada kegiatan ini adalah  bapak dan ibu guru hebat yang membantu mengimplemantasikan percepatan transformasi merdeka balajar, harapan dari dinas pendidikan bapak dan ibu dapat menikuti kegiatan ini dengan penuh tanggungjawab”.

Lebih lanjut Susi mengatakan “dalam rapor pendidikan pencapaian literasi dan numerasi di Sulawesi Tengah sangat rendah, tidak cukup hanya membuat pojok baca dan membaca 15 menit sebelum pelajaran akan tetapi literasi dan numerasi yang rendah ini adalah tanggungjawab kita bersama. Harapan dinas pendidikan dengan rendahnya literasi dan numerasi akan menjadi bahan diskusi pada kegiatan ini untuk dapat menemukan permasalahan-permasalahan dan apa-apa yang akan kita lakukan nanti dengan adanya rencana tindak lanjut dari kegiatan ini, sehingga harapan kami literasi dan numerasi tahun depan akan lebih meningkat lagi”.

Narasumber pada kegiatan ini adalah Kepala BPMP Provinsi Sulawesi Tengah, Tenaga Fungsional Widyaprada BPMP Provinsi Sulawesi Tengah,  Arham, M. Pd (kepsek SD Inpres 3 Birobuli), dan Wiwiek Susilowati, S. E (guru SMPN 18 Palu).

//Hestin – Marnih Malkab

Kontak Kami

Jl.Dr.Sutomo No.4 Palu Timur
Telephone (0451) 422792
Pos-el : set.lpmpsulteng@kemdikbud.go.id

Seberapa bermanfaatkah berita ini?

Berikan jumlah bintangmu untuk menilai Postingan ini!

Nilai rata-rata 0 / 5. Jumlah Voting 0

Belum ada penilaian!

Open chat
Hallo, #sebutkan identitas anda# apa yang dapat kami bantu?