Artikel

Pengertian Belajar dan Hakikat Belajar

Pengertian Belajar dan hakikat Belajar
Belajar merupakan suatu kegiatan untuk memperoleh ilmu pengetahuan. Belajar juga merupakan sesuatu yang dilakukan untuk menguasai hal tertentu. Beberapa ahli berpendapat sebagai berikut:
Menurut Slameto (2010: 2), ”belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya”.
Menurut Whittaker (dalam Syaiful Bahri Djamarah, 2008: 12), “belajar dirumuskan sebagai proses dimana tingkah laku ditimbulkan atau diubah melalui latihan atau pengalaman”.
Kingskey (dalam Syaiful Bahri Djamarah, 2008: 13) mengatakan bahwa “learning is the process by which behavior (in the broader sense) is originated or changed through practice or training. Belajar adalah proses dimana tingkah laku (dalam arti luas) ditimbulkan atau diubah melalui praktek atau latihan”.
Menurut Oemar Hamalik (2004: 27) “belajar adalah modifikasi atau memperteguh kelakuan melalui pengalaman (learning is defined as the modification or strengthening of behavior through experiencing)”.
Menurut Bruner (dalam Ratna Wilis Dahar, 2011: 77), belajar melibatkan tiga proses yang berlangsung bersamaan yaitu:
Memperoleh informasi baru.
Transformasi informasi
Menguji relevansi dan ketepatan pengetahuan.
Dari ketiga proses seperti yang diungkapkan Burner dan beberapa pengertian tentang belajar di atas, maka dapat disimpulkan bahwa belajar adalah suatu kegiatan untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku dengan memperoleh suatu informasi baru melalui pengalaman.

10 komentar pada “Pengertian Belajar dan Hakikat Belajar

  • Your site has surely provided me with only the data that I actually
    needed. I actually currently have been carrying out study upon this topic for
    some time, and it has taken a very long while to discover a website that gives all the facts
    that I want. We search forward to studying even more websites written by you later on, and might research right here 1st
    when I just currently have a research study. https://Twitter.com/PreNatalHome/status/970694243395297286

    Balas
  • M. Ilham Albulkori

    Dan belajar itu bukan di sekolah aja bahkan dalam bermain game itu juga termaksud belajar Dan Meningkatkan Konsentrasi kita. Belajar sesuai minat dan kenyamanan kita baru bisa jadi bakat buat kita. Terus lah mengejar mimpimu karna yang tau diri mu ya cuman dirimu sendiri. Iktiar Berusaha Dan Tawakal Maka Allah Akan Memberi Anda Jalan Buat Menuju Masa Depan Yang Baik.

    Balas
    • Terima kasih saran dan masukannya.. sangat menginspirasi..

      Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *