Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Balai Penjaminan Mutu Pendidikan

Provinsi Sulawesi Tengah

MERDEKA

BELAJAR

Search

Palu, 25 Januari 2024

Pengembangan Kapasitas SDM

“Together We Are Better”

BPMP Provinsi Sulawesi Tengah melaksanakan kegiatan Penguatan Kapasitas SDM & Rapat Kerja PDM pada tanggal 26 sampai dengan 27 Januari 2024, bertempat di Sutan Raja Hotel Palu. Kegiatan ini diikuti oleh 78 peserta yang terdiri dari pejabat struktural  BPMP Provinsi Sulawesi Tengah, Pejabat Fungsional Widyaprada, Pejabat Pelaksana, PPNPN BPMP Provinsi Sulawesi Tengah, perwakilan BGP Provinsi Sulawesi Tengah, perwakilan Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Tengah, perwakilan Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XVIII, serta pemerhati dan praktisi pendidikan.
Adapun narasumber dari kegiatan ini ada tim dari Sinergia Consultan yaitu Edy Nugroho, Risnanda Wijaya dan Rezza Dany Indrawan. Tim ini akan mengawal kegiatan selama dua hari dengan menjadi mentor sekaligus fasilitator kegiatan.

Kegiatan ini diawali dengan  laporan dari ketua panitia  yang disampaikan oleh Hendrijete Nova Nuda, S.Psi., Psi., M.M., yang kesehariannya disapa Nova. Dalam laporannya  Nova mengatakan  kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri dalam bekerja dan berhubungan dengan orang lain, meningkatkan motivasi kerja dan upaya meraih prestasi , meningkatkan kemampuan kerjasama dalam satu tim kerja, memperbaiki komunikasi dengan rekan kerja, dan meningkatkan pelayanan prima kepada publik.

‘”Hasil yang diharapkan adalah sesuai dengan tag line kegiatan together we are better. Bersama-sama lebih baik merupakan cerminan ide kolaborasi dan kerjasama antar individu untuk menghasilkan hasil yang lebih baik. Ibarat sapu lidi kalau hanya satu batang bila  digunakan akan mudah patah tapi kalau banyak lidi dikumpulkan dan digunakan secara bersama akan kokoh, kuat, berdaya guna secara optimal sesuai fungsinya. Lebih lanjut, Nova menyampaikan bahwa kebersamaan dalam bekerja yang dibangun dengan latar belakang saling ketergantungan positif, pemahaman atau persepsi yang sama, pembagian tanggungjawab, kreatifitas dan inovasi, serta adanya dukungan emosional akan dapat kita capai selama dua hari kegiatan ini. “Bekerja sendiri-sendiri hasilnya tidak atau kurang sesuai harapan bersama, kalau bersama pasti akan lebih baik”, ujar Nova menutup laporannya.

Selanjutnya acara ini dibuka secara resmi oleh kepala BPMP Provinsi Sulawesi Tengah, Sinar Alam, S.Pd., M.Pd. Dalam arahannya Beliau berharap dalam dua hari kegiatan ini peserta bisa meningkatkan indeks kemampuan belajar. Lebih lanjut disampaikan: “Kita bisa selalu menjaga kebersamaan meskipun banyak kultur, latar belakang, dan paragdigma kerja yang berbeda. Pada hari ini kita coba gabungkan paradigma kita sehingga pada tahun 2024 kita bisa bersama-sama untuk mewujudkan together we are better. Saya yakin dengan kebersamaan kita bisa menghadapi tantangan secara lebih baik. Pekerjaaan yang kita lakukan bersama-sama akan terasa lebih ringan dan lebih berhasil”.

Hestin

Kontak Kami

Jl.Dr.Sutomo No.4 Palu Timur
Telephone (0451) 422792
Pos-el : set.lpmpsulteng@kemdikbud.go.id

Jumlah Pengunjung : 75