Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Balai Penjaminan Mutu Pendidikan

Provinsi Sulawesi Tengah

MERDEKA

BELAJAR

Search

Palu, 16 Februari 2024

Forum Konsultasi Publik bahas Reviu Standar Pelayanan Publik

Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Sulawesi Tengah menggelar Forum Konsultasi Publik yang membahas Reviu Standar Pelayanan Publik (SPP). Kegiatan ini dilaksanakan hari Kamis, tanggal 15 Februari 2024, di kantor BPMP Provinsi Sulawesi Tengah.
Forum dihadiri oleh semua ASN BPMP Provinsi  Sulawesi Tengah secara luring, dan Kepala Dinas Pendidikan Kota Palu, Kepala Sekolah SMP Madani, Ombudsman, Radar Sulteng, HIMPSI, termasuk perwakilan masyarakat dan organisasi swadaya masyarakat (LSM) secara daring. Forum ini bertujuan untuk mengumpulkan masukan dan pendapat dari berbagai stakeholder terkait SPP guna  meningkatkan kualitas dan efisiensi layanan kepada masyarakat.

Dalam sambutannya, Kepala BPMP Provinsi Sulawesi Tengah, Sinar Alam, S.Pd., M.P.d, menekankan pentingnya partisipasi publik dalam merumuskan standar pelayanan publik yang lebih baik. “Forum Konsultasi Publik ini penting dilakukan karena BPMP melakukan pelayanan yang berbasis pada ZIWBK karenanya FKP ini menjadi acuan ketika melakukan pelayanan pada publik yang heterogoen sehingga dituntut memberi pelayanan prima. Jadi bila ekspetasi pelanggan tinggi namun pelayanan rendah tentunya akan banyak terjadi komplain dan ketidakpuasan pelanggan dalam mendapatkan layanan, sehingga FKP ini penting untuk menyamakan ekspetasi publik. ” ujarnya.

Lebih lanjut Sinar Alam mengatakan “Publik yang dilayani ada dua yaitu eksternal dan internal sehingga hari ini kita hadirkan bersama secara luring dan daring. Saya berharap meski ada yang daring tetap bisa memberikan informasi dan sumbangan pikiran dalam reviu SPP sehingga akhir tahun ini BPMP dapat nilai pelayanan publik yang baik serta dapat memberi kepuasan dan pelayanan prima pada semua pihak baik eksternal maupun internal.”

Reviu SPP dipaparkan  oleh ketua ULT BPMP Provinsi Sulawesi Tengah Syatrawati, S.S., M.Hum., yang terdiri dari SPP Peminjaman Fasilitas, SPP Data dan Informasi Mutu Pendidikan, SPP Konsultasi, SPP Kemitraan dan Peningkatan Mutu PAUD Dasmen dan SPP Pengelolaan Pengaduan. Para peserta forum aktif memberikan masukan, saran, dan kritik yang konstruktif untuk memperbaiki dan menyempurnakan standar pelayanan yang ada.

Menyadari pentingnya digitalisasi dalam era modern ini, salah satu fokus diskusi adalah tentang integrasi teknologi dalam pelayanan publik untuk meningkatkan efisiensi dan aksesibilitas. Para peserta sepakat bahwa penerapan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dapat menjadi solusi untuk mempercepat proses layanan dan mengurangi birokrasi yang berbelit.

Reviu SPP dalam Forum Konsultasi Publik ini diharapkan dapat menghasilkan rekomendasi yang konkret dan berkelanjutan untuk disampaikan kepada pihak terkait guna meningkatkan kualitas dan keterjangkauan pelayanan publik di BPMP Provinsi Sulawesi Tengah dan BPMP Provinsi Sulawesi Tengah dapat memberikan pelayanan prima pada masyarakat.

Hestin

Kontak Kami

Jl.Dr.Sutomo No.4 Palu Timur
Telephone (0451) 422792
Pos-el : set.lpmpsulteng@kemdikbud.go.id

Seberapa bermanfaatkah berita ini?

Berikan jumlah bintangmu untuk menilai Postingan ini!

Nilai rata-rata 0 / 5. Jumlah Voting 0

Belum ada penilaian!

Open chat
Hallo, #sebutkan identitas anda# apa yang dapat kami bantu?