Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Balai Penjaminan Mutu Pendidikan

Provinsi Sulawesi Tengah

MERDEKA

BELAJAR

BPMP Provinsi Sulawesi Tengah Melaksanakan Monev Asesmen Nasional Satuan Pendidikan Tahun 2023

Palu, 22 September 2023

Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Sulawesi Tengah melaksanakan kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Asesmen Nasional untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Kesetaraan. Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 18 hingga 19 September 2023 di berbagai sekolah kabupaten kota di wilayah Provinsi Sulawesi Tengah. Sebelumnya BPMP Sulteng juga sudah melaksanakan Monev AN SMA/SMK dan kesetaraan paket C pada tanggal 28 s.d 31 Agustus 2023 yg berlangsung 2 gelombang se Indonesia.

Asesmen Nasional (AN) adalah proses penting dalam sistem pendidikan di Indonesia, dan memiliki landasan hukum yang kuat untuk mendukung transparansi dan akuntabilitas dalam evaluasi pendidikan nasional.

Berikut adalah poin utama terkait Asesmen Nasional dan landasan hukumnya di Indonesia :

  1. AN Sebagai Alat Evaluasi Pendidikan:

– AN adalah serangkaian tes yang dilakukan secara nasional untuk mengukur prestasi akademik siswa di berbagai tingkatan pendidikan, seperti Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA/SMK) dan Sekolah Kesetaraan.

– Tujuan utama AN adalah mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dalam sistem pendidikan, serta memastikan kesetaraan pendidikan di seluruh Indonesia.

  1. Landasan Hukum AN:

– Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional adalah landasan hukum utama bagi AN di Indonesia. Ini memberikan kerangka kerja untuk pelaksanaan AN sebagai bagian dari evaluasi pendidikan nasional.

– Selain itu, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) juga mengatur detail pelaksanaan AN, termasuk prosedur pelaksanaan dan evaluasi hasil.

  1. Transparansi dan Akuntabilitas:

– AN memberikan data yang objektif tentang prestasi akademik siswa, yang digunakan oleh pemerintah, sekolah, dan orang tua untuk memahami bagaimana pendidikan berjalan.

– Landasan hukum yang kuat memastikan bahwa proses AN dilakukan dengan transparan dan akuntabel, sehingga hasilnya dapat digunakan untuk mengambil kebijakan yang lebih baik dalam pendidikan.

  1. Peningkatan Mutu Pendidikan:

– Hasil AN membantu pemerintah dalam merancang program-program pendidikan yang lebih baik, serta memberikan kesempatan untuk mengevaluasi efektivitas perubahan kebijakan.

– Melalui landasan hukum, AN memotivasi peningkatan mutu pendidikan di seluruh tingkatan.

Sebagai instrumen penting dalam peningkatan mutu pendidikan nasional, Asesmen Nasional dan landasan hukumnya menjadi landasan yang kritis untuk perbaikan sistem pendidikan Indonesia. Hal ini memainkan peran sentral dalam memastikan setiap generasi mendapatkan akses ke pendidikan berkualitas dan memiliki kesempatan yang sama untuk meraih kesuksesan.

Pelaksanaan monitoring dan evaluasi Asesmen Nasional (AN) di SMPN 1 Petasia Barat Kabupaten Morowali Utara berlangsung di teras rumah Suyani salah satu guru di sekolah tersebut. Hal ini terjadi karena pihak sekolah belum memiliki jaringan yang memadai. Meskipun begitu Mercy Devine Parobe kepala sekolah di SMPN 1 Petasia Barat tetap optimis dan berusaha agar pelaksanaan AN berjalan dengan lancar. Dengan pelaksaan AN yang menumpang di rumah guru sekolah berharap ada perhatian dari pemerintah daerah kabupaten Morowali Utara agar ada bantuan untuk sekolah dalam mengakses internet.

Kegiatan Monev Asesmen Nasional SMP adalah salah satu langkah kunci dalam upaya BPMP Sulteng untuk memastikan kualitas pendidikan di tingkat SMP di provinsi ini terus meningkat. Berikut beberapa poin utama dari kegiatan Monev :

  1. Partisipasi Luas : Kegiatan ini melibatkan ribuan siswa dari berbagai sekolah SMP di seluruh daerah Provinsi Sulawesi Tengah. Partisipasi yang luas ini menunjukkan komitmen untuk mengukur prestasi akademik secara menyeluruh.
  2. Kualitas Pengawasan : BPMP Sulteng telah menunjukkan tingkat profesionalisme yang tinggi dalam mengawasi pelaksanaan asesmen nasional serta memastikan bahwa proses ini berlangsung adil dan sesuai dengan pedoman yang ditetapkan.
  3. Evaluasi mendalam : Hasil dari Monev ini akan digunakan untuk mengidentifikasi area yang memerlukan perbaikan dan penyempurnaan dalam sistem pendidikan di daerah. Hal ini mencakup evaluasi kurikulum, metode pengajaran, dan pemberian sumber daya kepada sekolah.
  4. Kerjasama Stakeholder : Kegiatan ini juga melibatkan kolaborasi aktif dengan guru-guru, kepala sekolah, orang tua, dan pemerintah daerah. Semua pihak bekerja bersama untuk memajukan pendidikan di wilayah ini.

Kepala BPMP Provinsi Sulawesi Tengah menyatakan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam kegiatan Monev ini, juga menggarisbawahi pentingnya evaluasi berkelanjutan untuk meningkatkan mutu pendidikan di daerah.

Dengan suksesnya kegiatan Monev Asesmen Nasional Satuan Pendidikan tahun 2023, BPMP Provinsi Sulawesi Tengah berkomitmen untuk terus bekerja keras dalam meningkatkan mutu pendidikan yang lebih baik di Provinsi Sulawesi Tengah.

// Hestin – Admin

Kontak Kami

Jl.Dr.Sutomo No.4 Palu Timur
Telephone (0451) 422792
Pos-el : set.lpmpsulteng@kemdikbud.go.id

Seberapa bermanfaatkah berita ini?

Berikan jumlah bintangmu untuk menilai Postingan ini!

Nilai rata-rata 0 / 5. Jumlah Voting 0

Belum ada penilaian!

Open chat
Hallo, #sebutkan identitas anda# apa yang dapat kami bantu?