Advokasi Penguatan Peran PMO dalam Mengawal Program Sekolah Penggerak

Palu, 27 April 2023

BPMP Provinsi Sulawesi Tengah melaksanakan kegiatan Advokasi Penguatan Peran PMO dalam Mengawal Program Sekolah Penggerak  di tiga belas Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dan Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Tengah dalam rentang waktu 27 s.d. 28 April 2023. Sasaran kegiatan adalah Anggota/tim  PMO Transformasi Pembelajaran (PSP dan  IKM) dan PMO Tata Kelola ( PBD dan BOS/BOP).  Kegiatan ini sekaligus dirangkaikan dengan rapat rutin PMO bulan April 2023.

Dinas Pendidikan Kabupaten Tolitoli adalah salah satu sasaran kegiatan Advokasi Penguatan Peran PMO dalam Mengawal Program Sekolah Penggerak yang menghadirkan Anggota PMO Transformasi Pembelajaran  dan PMO Tata Kelola  dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan tersebut diselenggarakan di ruang pengawas Dinas Pendidikan Tolitoli dan dibuka secara resmi oleh sekretaris Dinas Pendidikan Tolitoli Moh. Tang Hi. Yahya, S.Pd., M.Si. Pada kesempatan tersebut Moh. Tang berharap agar ada peran pengawas dalam mewujudkan kebijakan Merdeka Belajar sebab peran pengawas dalam komunitas KKG dan MGMP dinilai masih jauh dari harapan oleh karena itu diharapkan agar kelompok kerja yang dibentuk dapat mengambil peran, bisa membahas subtansi dan tahu apa yang harus dilakukan. Moh. Tang juga berharap agar pertemuan ini lebih bisa mempertajam bagaimana harusnya peran PMO didaerah “SK yang dipegang agar betul-betul menjadi peran, memanfaatkan momentum yang tepat”.

Pemaparan materi kegiatan Advokasi Penguatan Peran PMO dalam Mengawal Program Sekolah Penggerak  disampaikan oleh Dr. Marnih Malkab, S.Pd., M.Pd., dan Dr. Abd. Gani, M.Si., dilanjutkan dengan diskusi dan kerja kelompok mengisi RTL (Rencana Tindak Lanjut) Advokasi Kebijakan Merdeka Belajar Tahun 2023 pada kegiatan di Dinas Pendidikan Tolitoli.

Kegiatan dengan agenda serupa juga dilaksanakan di Dinas Pendidikan kabupaten lain di wilayah Sulawesi Tengah dengan menurunkan sejumlah 42 petugas dari BPMP Provinsi Sulawesi Tengah yang tersebar di tiap kabupaten/kota/provinsi.

//Hestin & Marnih Malkab

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *